Simak Kosakata yang Sering Digunakan di Bulutangkis

Seputaran Badminton Tidak asing bagi Badminton Lovers terhadap olahraga tepokbulu ini. Apalagi, Turnamen bulutangkis sudah beberapa kali batal digelar sejak musibah Covid-19 tahun 2019 lalu di seluruh penjuru negeri.

Baru pada pertengahan tahun 2020 ini pertandingan perlahan digelar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Pertandingan tersebut mulai dari Piala Sudirman 2020, Thomas-Uber Cup 2020 dan Denmark Open 2021 juga beberapa pertandingaan bulutangkis bergengsi lainnya kedepan.

Dalam turnamen bulutangkis ini. Tentunya, banyak istilah-istilah dalam olahraga tepok bulu tersebut. Berikut kita simak apa saja istilah itu?

1. Service over

Service over digunakan pada saat server kalah dalam sebuah rally sehingga giliran servis harus berpindah pada lawan. Service akan memberikan keuntungan pada pemain karena dapat memulai strategi sejak pukulan pertama.

2. Dropshot

Pukulan tipuan dengan dorongan dan sentuhan yang halus mengarah ke arah dekat net lawan. Apabila smash dilakukan dengan kencang dan kekuatan penuh, maka Dropshot hanya di pukul dengan dorongan atau sentuhan yang pelan. Dropshot yang baik dilakukan jika jatuhnya shuttlecock dekat dengan net dan tidak melebihi garis ganda.

3. Smash

Smash adalah istilah dalam badminton yang paling terkenal. Smash merupakan pukulan yang sifatnya kencang dan ofensif ke arah lawan. Pukulan ini identik sebagai pukulan menyerang. Umumnya arah pukulan smash menukik dengan cepat.

4. Deuce

Deuce dalam permainan bulu tangkis memiliki arti yaitu skor terikat atau skor sama (seri). Yaitu jika poin Keduanya 20-20. Posisi angka sama saat kedudukan seharusnya pada posisi set point atau game point sehingga harus mencari selisih 2 point lagi.

5. Forehand

Forehand merupakan pukulan mengayun dari belakang badan dengan arah depan raket dan telapak tangan menghadap kok.

6 . Rally

Rally adalah berlangsungnya pertandingan bulutangkis yang dimulai sejak pemain melakukan service hingga mendapatkan satu poin. Rally yang panjang seringkali terjadi saat dua pemain memiliki kemampuan yang imbang.

7. Backhand

Backhand adalah pukulan dengan arah depan raket dan telapak tangan membelakangi kok. Umumnya backhand digunakan untuk memukul bola yang datang ke sisi tangan non-dominan.

8. Netting

Netting adalah pukulan yang dilepaskan untuk menyeberangi area permainan dengan jarak setipis mungkin dengan net.

9. Game Point

Game point merupakan posisi ketika pemain yang unggul tinggal berjarak satu poin lagi untuk menutup permainan.

10. Match Point

Posisi ketika pemain yang unggul tinggal berjarak satu poin lagi untuk menutup gim yang menentukan akhir pertandingan.

Baca Juga :

Nana4D


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *